Haji dan UmrahNews

Artajasa Gandeng Al Rajhi Bank, ATM Bersama Hadir di Saudi

Jakarta, UmrahNews – PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) setaku pengelola jaringan ATM Bersama kembali melakukan terobosan dengan penyediaan layanan transaksi ATM Crossborder di wilayah .

Perluasan transaksi di Arab Saudi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Artajasa dengan Al-Rajhi Bank Malaysia (AI-Rajhi). Hal ini ditandai dengan adanya kerja sama MoU yang diberi nama ATM Bersama Crossborder dan ditandangani oleh Direktur Utama PT Artajasa, Bayu Hanantasena dan Chief Executive Officer Al-Rajhi Bank Malaysia Steven Chen.

Artajasa sendiri selama ini menjadi yang pertama di Indonesia dan satu-satunya perusahaan switching yang mengembangkan perluasan transaksi tarik tunai di wilayah Arab Saudi. Langkah ini untuk membantu dan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang tunainya saat melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci.

Bayu menambahkan, Artajasa menggandeng AlRajhi Bank yang merupakan salah bank syariah terbesar di dunia dan melalui kerja sama dengan AIRajhi Bank Malaysia ini menjadi perluasan layanan ATM Crossborder ini.

“Karena sebanyak lebih dari 4.500 ATM AI-Rajhi Bank terdapat di wilayah Arab Saudi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh nasabah Bank anggota ATM Bersama,” tutur Bayu di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Baca juga:  AMPHURI Minta KPU Fasilitasi Hak Pilih Jamaah Haji dan Umrah

Dengan begitu, jamaah Indonesia hanya cukup membawa kartu ATM berlogo ATM Bersama yang dimilikinya, dan dapat digunakan di ATM Al-Rajhi Bank untuk mendapatkan transaksi tarik tunai uang riyal atau transaksi lainnya.

“Dan dengan transaksi menggunakan ATM Bersama di ATM AL-Rajhi akan lebih kompetitif fee-nya. Fee-nya itu sekitar 4 Riyal. Atau sekitar Rp16 ribu untuk sekali transaksi,” jelas dia.

Direktur Bisnis Artajasa Anthoni Morris menambahkan, perluasan Jaringan ATM Bersama di Arab Saudi melalui fitur tarik tunai diharapkan mampu mempermudah para di Indonesia untuk memperoleh uang tunai.

“Tentunya fasilitas ini tak hanya terbatas pada para jamaah haji/umrah saja, namun juga dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia yang sedang bepergian di wilayah Arab Saudi. Jelas hal ini juga dapat memberikan added value bagi member Bank ATM Bersama kepada para nasabahnya,” tutur Anthoni.

Baca juga:  Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan Akad Nikah di Dua Masjid Suci

Steve Chen CEO Al-Rajhi Bank of Malaysia mengungkapkan kolaborasi ini menegaskan kembali komitmen Al Rajhi Bank of Malaysia untuk mendukung perjalanan para jamaah haji dan umrah serta untuk lebih meningkatkan produk dan layanan yang sesuai dengan syariah.

“Tentunya ini akan memudahkan nasabah Indonesia, dimana AI-Rajhi menyediakan solusi transaksi yang aman, mudah, dan efisien bagi para jamaah Indonesia di Arab Saudi,” ujar Anthoni.

Saat ini ATM Bersama yang sudah beranggotakan 94 lembaga keuangaΒ  baik bank dan non bank telah menjalin komitmen implementasi dalam layanan ATM Crossborder ini dengan 12 Bank. Mereka adalah, Bank BNI, Bank Jatim, Bank BRI Syariah, Bank BRI, Bank NTB Syariah, Bank DKI, Bank Syariah Mandiri, Bank BPD DIY, Bank Jabar Banten, Bank Sumut, Bank Kattimtara, dan Bank BNI Syariah.

“Sehingga diharapkan jamaah Indonesia dapat merasakan kemudahan layanan ini pada umrah bulan Ramadhan tahun ini,” kata Bayu kembali menegaskan.

Google News

Berita Lainnya