Haji dan UmrahKhasanah

Mengapa Kiswah selalu dinaikkan setiap tahun menjelang Haji?

Umrah News – Setiap Tahun Kiswah Ka’bah dinaikkan dan kain putih yang melambangkan Ihram diletakkan di Ka’bah.

Mengapa Kiswah dinaikkan setiap tahun?
Kiswah dinaikkan hingga 3 meter setiap tahun untuk mencegah kerusakan pada kain karena kerumunan besar yang berkumpul selama musim haji sehingga sulit untuk mengatur kerumunan selama jam sibuk. Hal ini juga dimunculkan karena beberapa kepercayaan takhayul dari peziarah tertentu yang membawa gunting dan memotong bagian dari Kiswah mengharapkan beberapa manfaat spiritual dan beberapa orang juga menulis nama atau permohonan mereka di Kiswah.

Mengapa kain putih dililitkan di Ka’bah?
Sebuah kain putih diletakkan di sekitar Ka’bah untuk melambangkan awal musim haji. Dahulu Kiswah dinaikkan sedemikian rupa sehingga bagian bawah kain yang berwarna putih terungkap. Namun dalam beberapa tahun terakhir, kain putih terpisah dipasang.

Mengapa Kiswah tidak dinaikkan tahun ini pada tanggal 15 Dzulqadah?
Dinaikannya Kiswah berlangsung setiap tahun pada atau sehari sebelum atau setelah tanggal 15 Dzulqadah karena setelah tanggal 15 terjadi gelombang besar Hujjaj yang memadati Mataaf sepanjang hari. Hal ini akan mempersulit petugas untuk menaikkan Kiswah jika dilakukan di kemudian hari.

Namun tahun ini karena pembatasan jumlah hujjaj yang hanya 60.000 jamaah, akan ada lebih sedikit kerumunan di Mataaf sehingga memudahkan pekerjaan untuk dilakukan.

Umrah News

Berita Seputar Haji & Umrah Paling Aktual

Tulis Komentar

Back to top button