Haji dan UmrahKhasanah

Mengenal sosok dibalik Indahnya Kaligrafi Masjid Nabawi

Umrah News – Shafiq Uz-Zaman Khan adalah seorang kaligrafer yang berasal dari Pakistan. Pada tahun 1990, ia mengikuti kompetisi yang bertujuan untuk memilih seorang seniman untuk mengembalikan kaligrafi berusia 133 tahun pada struktur lama masjid dan membuat desain baru untuk struktur baru yang akan ditambahkan ke bangunan.

Pada saat itu, Khan memiliki satu keinginan yaitu dapat melukis bahkan satu panel di dinding Masjid Nabawi Madinah, salah satu situs paling suci dalam Islam.

Baca juga : Mengapa Lantai Marmer di Masjidil Haram tetap dingin bahkan dalam suhu tinggi?

Khan mencari nafkah dengan melukis papan reklame sehingga para penyelenggara kompetisi pada awalnya menolak untuk mendaftarkannya untuk kontes tersebut, karena dia bukan seorang kaligrafer profesional. Tetapi Khan berhasil meyakinkan mereka bahwa hasratnya terhadap kerajinan itu pantas untuk dicoba, dan akhirnya ia memenangkan kontes tersebut. Sekarang dia telah bekerja sebagai ahli kaligrafi Arab selama 30 tahun terakhir di tempat yang sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Shafiq Uz-Zaman Khan saat sedang membuat Kaligrafi Masjid Nabawi
Shafiq Uz-Zaman Khan saat sedang membuat Kaligrafi Masjid Nabawi

Dilansir dari ArabNews, pada saat ini pekerjaan restorasi masjid telah selesai, Khan mengatakan jika ia berencana untuk kembali ke Karachi dan mendirikan akademi kaligrafi.

“Orang-orang mengatakan bahwa saya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan selama hampir tiga dekade; mereka tidak mengerti bahwa pekerjaan ini membutuhkan ketelitian. Satu meter kaligrafi membutuhkan waktu semalaman untuk menyelesaikannya,” tambahnya.

Shafiq Uz-Zaman Khan saat sedang membuat Kaligrafi Masjid Nabawi
Shafiq Uz-Zaman Khan saat sedang membuat Kaligrafi Masjid Nabawi

Ketika Khan memulai pekerjaan restorasi, dia mengatakan tugas yang paling menantang adalah memastikan bahwa ayat-ayat selesai dan ada keseragaman dalam pekerjaan di setiap kubah.

Meskipun Khan sebagian besar tidak dikenal di Pakistan, dia mengatakan dia telah mencapai beberapa tingkat ketenaran sebagai kaligrafer dan memenangkan banyak penghargaan di Kerajaan serta ‘Pride Of Performance’ di Pakistan pada tahun 2014.

Syekh Abdul Aziz bin Abdullah, Shafiq Uz-Zaman Khan, dan Syekh Dr. Aburrahman Sudais
Syekh Abdul Aziz bin Abdullah, Syafiq Uz-Zaman, dan Syekh Dr. Aburrahman Sudais

Umrah News

Berita Seputar Haji & Umrah Paling Aktual

Tulis Komentar

Back to top button