NewsWisata Muslim

Dorong Pengembangan SDM Pariwisata, IITCF dan LPKPPI Kunjungi  IAIN Cirebon

Kunjungan silaturahim ini untuk  memenuhi kebutuhan SDM Pariwisata khususnya umrah haji, pengembangan wisata halal atau  pilgrimage yang  terus berkembang pesat dan dibukanya prodi Pariwisata Syariah oleh IAIN Syekh Nurjati.

Jakarta, UmrahNews – Guna mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Tanah Air,  para pelaku pariwisata mengunjungi Institut Agama Islam Negeri  ( IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang telah memliki jurusan Pariwisata Syariah.

Akhir pekan lalu, Lembaga Perlindungan Konsumen Penerbangan & Pariwisata Indonesia  ( LPKPPI) dan Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) bertandang ke dekan yang membidangi pariwisata IAIN Cirebon itu untuk bersilaturahmi dan berbagi informasi dunia kampus dan dunia bisnis.

“Kunjungan silaturahim ini untuk  memenuhi kebutuhan SDM Pariwisata khususnya umrah haji, pengembangan wisata halal atau  pilgrimage yang  terus berkembang pesat dan dibukanya prodi Pariwisata Syariah oleh IAIN Syekh Nurjati,” kata Priyadi Abadi, Ketua Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF dalam keterangannya kepada media, seperti dikutip Selasa (2/11/2021).

Menurut dia, pembukaan prodi baru Pariwisata Syariah pada semester awal perkuliahan 2021 ini merupakan suatu terobosan yang strategis mengingat halal industry termasuk juga halal tourism setelah pandemi global COVID-19 perkembangannya pesat karena warga dunia lebih peduli pada kesehatan raga, mental maupun spiritual.

“Semoga program pendidikan ( prodi) Pariwisata Syariah ini bisa diikuti oleh sekolah pariwisata lainnya sehingga kebutuhan SDM dan kolaborasi Pentahelix antara dunia pendidikan, dunia bisnis serta kontribusi masyarakat bisa saling melengkapi,” kata Priyadi Abadi.

Dalam pertemuan ini banyak hal yang dibahas dan alhamdulillah tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak untuk melakukan kerjasama dalam memajukan industri Pariwisata.

“Permintaan SDM Pariwisata unggul sangat tinggi yang harus ditangkap oleh sekolah-sekolah Pariwisata yang ada,” kata Priyadi yang berkunjung bersama Salam Ibrahim,  Ketua LPKPPI dan  Farshal Hambali sebagai Dewan Pengawas LPKPPI.

Priyadi yang menjadi Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Penerbangan & Pariwisata Indonesia  ( LPKPPI) itu diterima oleh Abdul Aziz, M.A, Wakil Dekan II Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam,  Dr. Hj. Dewi Fatmasari, M.Si (Ketua Jurusan Pariwisata Syariah).

Turut hadir dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah Mariyah Ulfah, M.E.Sy dosen ekonomi syariah dan Yati Haryati, M.Si dosen Pariwisata Syariah serta Basiran,MA Kepala Bagian Akademik dan Keuangan

Jurusan Pariwisata Syariah di bawah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam ini diharapkan menghasilkan SDM profesional dalam ekonomi Islam, penelitian dan pengabfiannpada masyarakat.

 

Tulis Komentar

Back to top button