Haji dan UmrahNews

PATUNA Selesai Gelar Manasik Haji di Solo dan Bogor, 460 Jamaah Haji Siap Berangkat

Praktek Manasik Haji 2019 Patuna Travel — Thawaf, Sa'i, Lontar Jumrah

News — Jelang keberangkatan haji 2019, PT. Patuna Mekar Jaya (Patuna Travel) telah menyelesaikan serangkaian acara Manasik Haji yang digelar di 2 kota, Solo dan Bogor minggu lalu (22/7/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya guna pembekalan kepada seluruh Patuna sebagai gambaran dan pengetahuan bagaimana tata cara melakukan ibadah haji dan umrah sesuai tuntunan syariat islam sekaligus menjalin tali silaturahmi antar jamaah haji Patuna keberangkatan 2019.

β€œManasik Haji sangat perlu dilaksanakan oleh setiap pengusaha penyelenggara ibadah haji (PIHK) sebelum keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci. Hal ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada jamaah.”, ujar Drs. H. Syam Resfiadi selaku Direktur Utama PT. Patuna Mekar Jaya dalam sambutannya.

Baca juga:  AMPHURI Minta KPU Fasilitasi Hak Pilih Jamaah Haji dan Umrah

Gelaran Manasik Haji 2019 Patuna Travel terbagi 3 gelombang. Untuk gelombang pertama dilaksanakan di kota Solo pada 6-7 Juli 2019 di Hotel Aston Resort Solo, Jawa Tengah. Kemudian gelombang kedua pada 12-14 Juli dan gelombang ketiga pada 19-21 di Hotel Aston Resort Bogor, Jawa Barat.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI, Bapak DR. H. Muhajirin Yanis,

β€œAturan-aturan PIHK telah dijalankan sangat baik oleh Patuna. Menurut saya (Patuna) itu PIHK yang paling aktif melakukan pembimbingan, dan jamaahnya juga sudah terorganisir dengan baik.”

Selain dihadiri Direktur Utama PT. Patuna Mekar Jaya, Bapak Drs. H. Syam Resfiadi dan Komisaris Utama PT. Patuna Mekar Jaya, Hj. Emma Murtika atau akrab disapa Mamah Emma, Manasik Haji 2019 Patuna Travel turut dihadiri tamu undangan yaitu Direktur Bina Umroh & Haji Khusus Kementerian Agama Bapak H.M. Arfi Hatim, M.Ag, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Bapak DR. H. Muhajirin Yanis, Ustadzah Khadijah (Peggy Melati Sukma), serta Qori Internasional Ustadz H. Musthofa T. Wongso Dikromo.Sq.

Baca juga:  Prosedur baru untuk memasuki Rawdah Sharif melalui gerbang otomatis

Acara Manasik Haji 2019 Patuna Travel ini diisi dengan materi mengenai program keberangkatan haji dan teknis haji, penjelasan seputar tata cara ibadah haji dan filosofinya, praktek Thawaf, Sa'i dan Lontar Jumrah, serta tips kesehatan berhaji yang disampaikan oleh Direktur Utama Patuna, Tim Ustadz Pembimbing Ibadah Haji Patuna, dan Tim Dokter Patuna.

β€œUntuk mengawal 417 jamaah Haji Khusus dan 43 jamaah haji Mujamalah, Patuna akan membawa 19 petugas, diantaranya 10 Pembimbing Ibadah, 4 Dokter dan 5 petugas travel.”, ujar Syam.

Untuk keberangkatan rombongan haji khusus dibagi menjadi 2 kloter yaitu 23 dan 24 Juli 2019, sedangkan haji mujamalah diberangkatkan pada 4 Agustus 2019 mendatang.

Google News

Berita Lainnya