Pelayanan Umum

Catat! Nomor Pusat Panggilan Terbaru Layanan Kementerian Agama

Jakarta, UmrahNews – Kementerian Agama kini telah meluncurkan pusat panggilan/call center bagi masyarakat untuk mengirimkan pertanyaan, kritik, dan saran.

Menurut Wibowo Prasetyo, Staf Khusus Menteri Agama bidang Humas dan Komunikasi Publik, pusat panggilan ini didirikan untuk memudahkan akses publik.

“Ada tiga saluran komunikasi yang kami rilis. Publik bisa memanfaatkan Whatsapp center di nomor 081110683146,” ujar Wibowo Prasetyo di Solo pada hari Rabu (15/3/2023).

“Saluran lainnya berupa Email di alamat layanan@kemenag.go.id dan Call Center di nomor 146,” tambahnya.

Wibowo menekankan bahwa penyediaan saluran komunikasi ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan transparansi Kementerian Agama. Hal ini juga merupakan bagian dari proses transformasi digital yang sedang diimplementasikan di kementerian.

Sebelumnya, sebagai bagian dari upaya penyederhanaan, Kementerian Agama telah mengintegrasikan layanannya melalui penyediaan aplikasi Pusaka Kemenag.

Ia juga menjelaskan bahwa tiga saluran komunikasi ini (Whatsapp, Email, dan Call Center) sudah mulai berjalan.

Masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar layanan, seperti pencatatan nikah, informasi haji, dan juga sertifikasi halal.

Ke depannya, lanjut Wibowo, pihaknya akan terus perkaya menu tersebut agar bisa lebih banyak mengcover kebutuhan masyarakat.

Wibowo juga menyebutkan bahwa Kementerian Agama telah menyiapkan agen langsung untuk menerima semua pertanyaan dan masalah terkait layanan Kemenag, termasuk yang tidak terkait penyelenggaraan ibadah haji, pencatatan nikah, dan sertifikasi halal.

Menu layanan yang tersedia saat ini didasarkan pada semua informasi yang sudah tersedia di aplikasi SuperApps Pusaka.

“Kalaupun nanti ada informasi yang belum diketahui oleh agent, kita akan eskalasi ke internal Kemenag. Pengguna nanti akan dikasih nomor laporan, dan akan direspon kembali oleh agent ke pengguna bila sudah ada jawaban dari internal Kemenag,” sambungnya.

Google News

Umrah News

Berita Seputar Haji & Umrah Paling Aktual

Berita Lainnya