Wisata Muslim

10 Tempat Wisata Religi yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Umrah

Umrah News – Beribadah umrah tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi atau berziarah ke beberapa tempat wisata religi di Tanah Suci.

Selain untuk beribadah, tentunya Arab Saudi menyimpan banyak sekali destinasi tempat wisata religi yang bisa dikunjungi saat menunaikan ibadah umrah.

Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat melakukan ibadah umrah di Tanah Suci.

1. Masjid Jawatha

Meskipun tidak semegah masjid-masjid terkenal di Tanah Suci, Masjid Jawatha merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Arab Saudi serta menjadi masjid tertua yang ada di Tanah Suci.

Walaupun struktur aslinya telah hilang, namun Masjid Jawatha masih berdiri kokoh sebagai tempat beribadah umat muslim.

Arsitekturnya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri Masjid ini sebagai salah satu tempat wisata religi di Arab Saudi.

2. Gua Hira

Gua batu kecil yang dikenal dengan nama Gua Hira merupakan salah satu destinasi tempat wisata religi di Tanah Suci yang sayang untuk dilewatkan setelah beribadah umrah.

Gua ini merupakan tempat dimana Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima Wahyu dari Allah SWT. Namun, untuk bisa mencapai ke Gua Hira, para jamaah perlu mendaki tebing yang agak curam.

3. Jabal Magnet

Jabal Magnet yang berlokasi sekitar 60 km dari pusat Kota Madinah ini sekilas terlihat seperti perbukitan indah pada umumnya.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, tempat ini juga dikenal dengan nama Mantaqotul Baido oleh warga setempat karena memiliki medan magnetik yang sangat tinggi.

Saking kuatnya kuatnya medan magnet di tempat ini, mobil atau bahkan bis sekali pun bisa tertarik karena medan magnet di tempat ini.

4. Masjid Quba

Masjid Quba adalah salah satu tempat bersejarah di Arab Saudi yang sering kali dikunjungi para jamaah umrah dari seluruh dunia.

Masjid ini didirikan pertama kali pada 1 Hijriah atau 622 Masehi oleh Nabi Muhammad SAW dan telah beberapa kali mengalami renovasi sehingga masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Masjid yang identik dengan warna putih ini terletak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah, Arab Saudi dan memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama.

5. Jabal Rahmah

Wisata religi dalam perjalanan ibadah umrah di Tanah Suci pasti tidak lengkap jika tidak mengunjungi Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah berlokasi di selatan Padang Arafah, tempat para jamaah haji melakukan wukuf saat musim haji tanggal 9 Dzulhijjah.

Bukit batu setinggi 70 meter yang kini memiliki sebuah tugu pada puncaknya ini merupakan tempat Nabi Adam AS bertemu dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya saat diturunkan ke bumi.

Nilai sejarah inilah yang menjadi daya tarik utama orang-orang mengunjungi tempat wisata religi yang tak pernah sepi ini.

6. Makam Baqi

Makam Baqi atau Jannat Al-Baqi merupakan kawasan pemakaman bersejarah dimana para keluarga dan para sahabat Nabi dimakamkan.

Hingga saat ini, Makam Baqi masih disakralkan dan kerap menjadi tujuan para peziarah setelah menunaikan ibadah umrah maupun haji.

7. Jabal Uhud

Tempat wisata religi saat umrah yang bisa dikunjungi selanjutnya, yaitu Gunung Uhud atau kerap disebut Jabal Uhud.

Jabal Uhud berjarak 5 kilometer sebelah utara Kota Madinah, Arab Saudi dengan ketinggian sekitar 1.077 meter.

Tempat ini dulunya menjadi saksi bisu lokasi perang besar antara umat muslim dan tentara Quraisy. Di sekitarnya juga terdapat Masjid Al-Fash, makam para syuhada, dan lokasi Rasulullah SAW salat setelah Perang Uhud.

8. Pasar Zakfariyah

Berkunjung ke Tanah Suci tentunya kurang lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas setempat.

Pasar Zakfariah seringkali menjadi tujuan wisata belanja di Tanah Suci yang hanya berjarak 1 km dari Masjidil Haram, Makkah.

Pasar ini menyediakan berbagai barang yang bisa jadikan oleh-oleh mulai dari peralatan ibadah, aksesoris, kurma, hingga peralatan elektronik.

9. Jabal Tsur

Jabal Tsur berlokasi di salah satu bukit tertinggi di Makkah yang pernah dijadikan tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar.

Jabal Tsur sering kali menjadi salah satu tujuan wisata religi yang dikunjungi para jamaah setelah menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci.

10. Masjid Ji’ranah

Masjid Ji’ranah merupakan tempat ibadah bersejarah karena terdapat jejak Nabi Muhammad SAW di sana.

Dahulu saat pasukan umat Islam memenangkan perang Hawazin, Nabi dan para rombongan singgah sementara di lokasi ini sebelum pulang.

Masjid ini berada berada 21 km sebelah timur laut dari Makkah. Selain mempelajari kisah masa lalu, kamu juga bisa beribadah seperti biasa di sini.

Google News

Umrah News

Berita Seputar Haji & Umrah Paling Aktual

Berita Lainnya